uji normalitas data chisquer
PENGARUH
STRATEGI PEMBELAJARAN MENGENGGUNAKAN BRAIN STORM (PEMANASAN OTAK) SEBELUM
MEMULAI PEMBELAJARAN
A. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Brain Storm (Pemanasan
Otak) sebelum memulai pembelajaran?
2. Bagaimana
pengaruh aktifitas siswa selama pembelajaran menggunakan strstegi Brain Storm?
3. Bagaimana
perbedaan kemampuan berfikir siswa setelah menggunakan strategi Brain storm?
B. Hipotesis
1. Hipotesis
Kerja (Ha) : Terdapat pengaruh aktifitas siswa terhadap kemampuan berfikir pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
2. Hipotesis
Statistik (Ho) : Tidak terdapat pengaruh aktifitas terhadap kemampuanberpikir
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
3. Hipotesis
Kerja ( Ha) : Terdapat perbedaan kemampuan berfikir siswa antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol.
4. Hipotesis
Statistik (Ho) : Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir siswa antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol.
v Data
Hasil Perolehan Nilai
No
|
Nama Siswa
|
Eksperimen
|
Kontrol
|
||
Pretest
|
Postest
|
Pretest
|
Prstest
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
Alifah Safira
Al-Biatu
Shalihah
Candra
Sandrandro
Dwi Sesar
Eka Fitriandi
Fitri Hidayati
Ghina Mufidah
Glovanni f.h
Hilyah sutedja
Hanifatyah
Irmania sukma
Ikah sholikah
Juan cristian
Kintan nur c
Linda h.m
Musa
Niken s
Novi varninda
Oky setiana d
Rizkya hanung
Ryan lingga p
R arif fikri
Shintya mutia
Tito hendra p
Tika wibowo
Tantri vega u
Tasya widya
Unsiryah
Venny g
zulfikar
|
45
40
30
25
40
38
30
35
40
50
20
30
30
22
25
47
60
28
25
50
55
40
40
60
55
55
60
50
27
55
|
84
82
78
76
83
72
79
76
90
81
68
85
75
65
75
78
88
73
79
74
76
65
69
68
80
90
79
73
65
85
|
45
40
30
55
62
33
50
48
45
32
30
50
34
50
15
60
60
33
20
25
30
30
50
60
65
62
58
25
20
55
|
74
70
88
67
65
71
75
86
78
95
60
68
77
60
69
68
98
87
83
75
83
94
80
77
90
92
65
60
60
80
|
v Uji
Normalitas Data Pretest Eksperimen
·
Langkah 1 : Skor terbesar = 60
Skor terkecil = 20
·
Langkah 2 : rentang = 60
20 = 40

·
Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
= 1 + 3,3 log 30
= 1 + 3,3 . 1,48
= 1 + 4,884
= 5,884
BK
5

·
Langkah 4 : P =
=
= 10


P
10

·
Langkah 5
No
|
Kelas Interval
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
20
![]()
30
![]()
40
![]()
50
![]()
60
![]() |
7
6
7
7
3
|
24,5
34,5
44,5
54,5
64,5
|
600,25
1190,25
11980,25
2970,25
4160,25
|
171,5
207
311,5
381,5
193,5
|
4201,75
7141,5
13861,75
20791,75
12480,75
|
Jumlah
|
30
|
-
|
-
|
1265
|
58477,5
|
·
Langkah 6 :
=
= 




·
Langkah 7 : S =
= 


= 

= 

= 

S
= 13,30
·
Langkah 8
a. Menentukan
batas kelas
No
|
Batas Kelas
|
1
2
3
4
5
|
19,5 – 29,5
29,5 – 39,5
39,5 – 49,5
49,5 – 59,5
59,5 – 69,5
|
Sehingga
diperoleh nilai 19,5;29,5;39,5;49,5;59,5;69,5
b. Mencari
nilai Z : Z = 

Z1
=
Z4 = 


= - 1,70
L = 0,4554 = 0,55
L=0,2088


Z2
=
Z5 = 


= -0,95
L = 0,3289 = 1,30
L = 0,4032


Z3
=
Z6 = 


= -0,20
L = 0,793 = 2,05
L = 0,4798


c. Mencari
luas 0 – z = 0,4554; 0,3289; 0,793; 0,2088; 0,4032; 0,4798
d. Mencari
luas tiap kelas interval
0,4554
– 0,3289 = 0,1265
0,3289
– 0,0793 = 0,2496
0,0793
+ 0,2088 = 0,2881
0,4032
– 0,2088 = 0,1944
0,4798
–0,4032 = 0,076
e. Mencari
frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1265
30 = 3,795
0,1265

0,2496
30 = 7,488

0,2881
30 = 8,643

0,1944
30 = 5,832

0,076
30 = 2,280

No
|
Batas Kelas
|
![]() |
Luas
![]() |
L tiap kelas interval
|
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
19,5
29,5
39,5
49,5
59,5
69,5
|
-1,70
-0,95
-0,20
0,55
1,30
2,05
|
0,4554
0,3289
0,0793
0,2088
0,4032
0,4798
|
0,1265
0,2496
0,2881
0,1944
0,076
|
3,795
7,488
8,643
5,832
2,280
|
7
6
7
7
3
![]() |
·
Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (
hitung)






·
Langkah 10 : Membandingkan
hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat
kebebasan (dk) = K – 2 – 1
= 6 – 2 – 1
= 3

= 6 – 2 – 1
= 3
Maka
didapat
tabel = 7,81

Tenyata
hitung
tabel
3,75
7,81


3,75

Maka
data berdistribusi NORMAL
v Uji
Normalitas Data Kontrol Postest
·
Langkah 1 : Skor terbesar = 90
Skor terkecil = 65
·
Langkah 2 : rentang = 90
65 = 25

·
Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
= 1 + 3,3 log 30
= 1 + 3,3 . 1,48
= 1 + 4,884
= 5,884
BK
5

·
Langkah 4 : P =
=
= 5


P
6

·
Langkah 5
No
|
Kelas Interval
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
65
![]()
71
![]()
77
![]()
83
![]()
89
![]() |
6
9
8
5
2
|
67,5
73,5
79,5
85,5
91,5
|
4556,25
5402,25
6320,25
7310,25
8372,25
|
405
661,5
636
427,5
183
|
27337,5
48620,25
50562
36551,25
16744,5
|
Jumlah
|
30
|
-
|
-
|
2313
|
179815,5
|
·
Langkah 6 :
=
= 




·
Langkah 7 : S =
= 


= 

= 

= 

S = 7,15
·
Langkah 8
a. Menentukan
batas kelas
No
|
Batas Kelas
|
1
2
3
4
5
|
64,5 – 70,5
70,5 – 76,5
76,5 – 82,5
82,5 – 88,5
88,5 – 94,5
|
Sehingga
diperoleh nilai 64,5; 70,5; 76,5; 82,5;
88,5; 94,5
b. Mencari
nilai Z : Z = 

Z1
=
Z4 = 


= - 1,76
L = 0,4608 = 0,75
L=0,2734


Z2
=
Z5 = 


= -0,92
L = 0,3212 = 1,59
L = 0,4441


Z3
=
Z6 = 


= -0,08
L = 0,0319 = 2,43
L = 0,4925


c. Mencari
luas 0 – z = 0,4608; 0,3212; 0,0319; 0,2734; 0,4441; 0,4925
d. Mencari
luas tiap kelas interval
0,4608
– 0,3212 = 0,1396
0,3212
– 0,0319 = 0,2893
0,0319+
0,2734 = 0,3053
0,4441
– 0,2734 = 0,1707
0,4925
– 0,4441 = 0,0484
e. Mencari
frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1396
30 = 4,188
0,1396

0,2893
30 = 8,679

0,3053
30 = 9,159

0,1707
30 = 5,121

0,0484
30 = 1,452

No
|
Batas Kelas
|
![]() |
Luas
![]() |
L tiap kelas interval
|
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
64,5
70,5
76,5
82,5
88,5
94,5
|
-1,76
-0,92
-0,08
0,75
1,59
2,43
|
0,4608
0,3212
0,0319
0,2734
0,4441
0,4925
|
0,1396
0,2893
0,3053
0,1707
0,0484
-
|
4,188
8,679
9,159
5,121
1,452
-
|
6
9
8
5
2
![]() |
·
Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (
hitung)






·
Langkah 10 : Membandingkan
hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat
kebebasan (dk) = K – 2 – 1
= 6 – 2 – 1
= 3

= 6 – 2 – 1
= 3
Maka
didapat
tabel = 7,81

Tenyata
hitung
tabel
1,132
7,81


1,132

Maka
data berdistribusi NORMAL
v Uji
Normalitas Data Pretest Kontrol
·
Langkah 1 : Skor terbesar = 65
Skor terkecil = 15
·
Langkah 2 : rentang = 65
15 = 50

·
Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
= 1 + 3,3 log 30
= 1 + 3,3 . 1,48
= 1 + 4,884
= 5,884
BK
5

·
Langkah 4 : P =
=
= 10


P
11

·
Langkah 5
No
|
Kelas Interval
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
15
![]()
26
![]()
37
![]()
48
![]()
59
![]() |
5
8
3
8
6
|
20
31
42
53
64
|
400
961
1764
2809
4096
|
100
248
126
424
384
|
2000
7688
5292
22472
24588
|
Jumlah
|
30
|
-
|
-
|
1282
|
62040
|
·
Langkah 6 :
=
= 




·
Langkah 7 : S =
= 


= 

= 

= 

S = 15,81
·
Langkah 8
a. Menentukan
batas kelas
No
|
Batas Kelas
|
1
2
3
4
5
|
14,5 – 25,5
25,5 – 36,5
36,5 – 47,5
47,5 – 58,5
58,5 – 69,5
|
Sehingga
diperoleh nilai 14,5; 25,5; 36,5; 47,5;
58,5; 69,5
b. Mencari
nilai Z : Z = 

Z1
=
Z4 = 


= - 1,78
L = 0,4625 = 0,30
L= 0,1179


Z2
=
Z5 = 


= -0,08
L = 0,3599 = 0,99
L = 0,3389


Z3
=
Z6 = 


= -0,39
L = 0,1517 = 1,69
L = 0,4545


c. Mencari
luas 0 – z = 0,4625; 0,3599; 0,1517; 0,1179; 0,3389; 0,4545
d. Mencari
luas tiap kelas interval
0,4625
– 0,3599 = 0,1026
0,3599–
0,1517 = 0,2082
0,1517+
0,1179 = 0,2696
0,3389
– 0,1179 = 0,2210
0,4545
– 0,3389 = 0,1156
e. Mencari
frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1026
30 = 3,078
0,1026

0,2082
30 = 6,246

0,2696
30 = 8,088

0,2210
30 = 6,630

0,1156
30 = 3,468

No
|
Batas Kelas
|
![]() |
Luas
![]() |
L tiap kelas interval
|
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
14,5
25,5
36,5
47,5
58,5
69,5
|
-1,78
-0,08
-0,39
0,30
0,99
1,69
|
0,4625
0,3599
0,1517
0,1179
0,3389
0,4545
|
0,1026
0,2082
0,2696
0,2210
0,1156
-
|
3,078
6,246
8,088
6,630
3,468
-
|
5
8
3
8
6
![]() |
·
Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (
hitung)






·
Langkah 10 : Membandingkan
hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat
kebebasan (dk) = K – 2 – 1
= 6 – 2 – 1
= 3

= 6 – 2 – 1
= 3
Maka
didapat
tabel = 7,81

Tenyata
hitung
tabel
7,023
7,81


7,023

Maka
data berdistribusi NORMAL
v Uji
Normalitas Data Postest Eksperimen
·
Langkah 1 : Skor terbesar = 98
Skor terkecil = 60
·
Langkah 2 : rentang = 98
60 = 38

·
Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
= 1 + 3,3 log 30
= 1 + 3,3 . 1,48
= 1 + 4,884
= 5,884
BK
5

·
Langkah 4 : P =
=
= 7,6


P
8

·
Langkah 5
No
|
Kelas Interval
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
60
![]()
68
![]()
76
![]()
84
![]()
92
![]() |
6
8
7
5
4
|
63,5
71,5
79,5
87,5
95,5
|
4032,25
5112,25
6320,25
7656,25
9120,25
|
381
572
556,5
437,5
382
|
24193,5
40898
44241,75
38281,25
36481
|
Jumlah
|
30
|
-
|
-
|
2329
|
184095,5
|
·
Langkah 6 :
=
= 




·
Langkah 7 : S =
= 


= 

= 

= 

S = 10,64
·
Langkah 8
a. Menentukan
batas kelas
No
|
Batas Kelas
|
1
2
3
4
5
|
59,5 – 67,5
67,5 – 75,5
75,5 – 83,5
83,5 – 91,5
91,5 – 99,5
|
Sehingga
diperoleh nilai 59,5; 67,5; 75,5; 83,5;
91,5; 99,5
b. Mencari
nilai Z : Z = 

Z1
=
Z4 = 


= - 1,70
L = 0,4554 = 0,55
L= 0,2088


Z2
=
Z5 = 


= -0,95
L = 0,3289 = 1,30
L = 0,4032


Z3
=
Z6 = 


= -0,20
L = 0,0793 = 2,05
L = 0,4798


c. Mencari
luas 0 – z = 0,4554; 0,3289; 0,0793; 0,2088; 0,4032; 0,4798
d. Mencari
luas tiap kelas interval
0,4554
– 0,3289 = 0,1265
0,3289–
0,0793 = 0,2496
0,0793+
0,2088 = 0,2881
0,4032
– 0,2088 = 0,1944
0,4798
– 0,4032 = 0,076
e. Mencari
frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1265
30 = 3,795
0,1265

0,2496
30 = 7,488

0,2881
30 = 8,643

0,1944
30 = 5,832

0,076
30 = 2,280

No
|
Batas Kelas
|
![]() |
Luas
![]() |
L tiap kelas interval
|
![]() |
![]() |
1
2
3
4
5
|
59,5
67,5
75,5
83,5
91,5
99,5
|
-1,70
-0,95
-0,20
0,55
1,30
2,05
|
0,4554
0,3289
0,0793
0,2088
0,4032
0,4798
|
0,1265
0,2496
0,2881
0,1944
0,076
-
|
3,795
7,488
8,643
5,832
2,280
-
|
6
8
7
5
4
![]() |
·
Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (
hitung)






·
Langkah 10 : Membandingkan
hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat
kebebasan (dk) = K – 2 – 1
= 6 – 2 – 1
= 3

= 6 – 2 – 1
= 3
Maka
didapat
tabel = 7,81

Tenyata
hitung
tabel
3,02
7,81


3,02

Maka
data berdistribusi NORMAL
Komentar
Posting Komentar