uji normalitas data chisquer

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENGENGGUNAKAN BRAIN STORM (PEMANASAN OTAK) SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN
A.    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Brain Storm (Pemanasan Otak) sebelum memulai pembelajaran?
2.      Bagaimana pengaruh aktifitas siswa selama pembelajaran menggunakan strstegi Brain Storm?
3.      Bagaimana perbedaan kemampuan berfikir siswa setelah menggunakan strategi Brain storm?
B.     Hipotesis
1.      Hipotesis Kerja (Ha) : Terdapat pengaruh aktifitas siswa terhadap kemampuan berfikir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
2.      Hipotesis Statistik (Ho) : Tidak terdapat pengaruh aktifitas terhadap kemampuanberpikir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
3.      Hipotesis Kerja ( Ha) : Terdapat perbedaan kemampuan berfikir siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
4.      Hipotesis Statistik (Ho) : Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

v  Data Hasil Perolehan Nilai

No
Nama Siswa
Eksperimen
Kontrol
Pretest
Postest
Pretest
Prstest
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
Alifah Safira
Al-Biatu Shalihah
Candra Sandrandro
Dwi Sesar
Eka Fitriandi
Fitri Hidayati
Ghina Mufidah
Glovanni f.h
Hilyah sutedja
Hanifatyah
Irmania sukma
Ikah sholikah
Juan cristian
Kintan nur c
Linda h.m
Musa
Niken s
Novi varninda
Oky setiana d
Rizkya hanung
Ryan lingga p
R arif fikri
Shintya mutia
Tito hendra p
Tika wibowo
Tantri vega u
Tasya widya
Unsiryah
Venny g
zulfikar

45
40
30
25
40
38
30
35
40
50
20
30
30
22
25
47
60
28
25
50
55
40
40
60
55
55
60
50
27
55
84
82
78
76
83
72
79
76
90
81
68
85
75
65
75
78
88
73
79
74
76
65
69
68
80
90
79
73
65
85

45
40
30
55
62
33
50
48
45
32
30
50
34
50
15
60
60
33
20
25
30
30
50
60
65
62
58
25
20
55
74
70
88
67
65
71
75
86
78
95
60
68
77
60
69
68
98
87
83
75
83
94
80
77
90
92
65
60
60
80


v  Uji Normalitas Data Pretest Eksperimen
·         Langkah 1 : Skor terbesar = 60
Skor terkecil = 20
·         Langkah 2 : rentang = 60  20 = 40
·         Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
      = 1 + 3,3 log 30
    = 1 + 3,3 . 1,48
      = 1 + 4,884
      = 5,884
                   BK 5
·         Langkah 4 : P =  =  = 10
P 10
·         Langkah 5
No
Kelas Interval
1
2
3
4
5
20  29
30  39
40  49
50  59
60  69
7
6
7
7
3
24,5
34,5
44,5
54,5
64,5
600,25
1190,25
11980,25
2970,25
4160,25
171,5
207
311,5
381,5
193,5
4201,75
7141,5
13861,75
20791,75
12480,75
Jumlah
30
-
-
1265
58477,5

·         Langkah 6 :  =   =
 = 42,16
·         Langkah 7 :  S =  =
       =
       =
       =
S = 13,30

·         Langkah 8
a.       Menentukan batas kelas
No
Batas Kelas
1
2
3
4
5
19,5 – 29,5
29,5 – 39,5
39,5 – 49,5
49,5 – 59,5
59,5 – 69,5
Sehingga diperoleh nilai 19,5;29,5;39,5;49,5;59,5;69,5

b.      Mencari nilai  Z :  Z =
Z1 =                          Z4 =
     = - 1,70  L = 0,4554                        = 0,55  L=0,2088

Z2 =                                     Z5 =
      = -0,95  L = 0,3289                         = 1,30  L = 0,4032

Z3 =                                     Z6 =
      = -0,20  L = 0,793                                       = 2,05  L = 0,4798

c.       Mencari luas 0 – z = 0,4554; 0,3289; 0,793; 0,2088; 0,4032; 0,4798
d.      Mencari luas tiap kelas interval
0,4554 – 0,3289 = 0,1265
0,3289 – 0,0793 = 0,2496
0,0793 + 0,2088 = 0,2881
0,4032 – 0,2088 = 0,1944
0,4798 –0,4032 = 0,076
e.       Mencari frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1265
 30 = 3,795
0,2496  30 = 7,488
0,2881  30 = 8,643
0,1944  30 = 5,832
0,076    30 = 2,280

No
Batas Kelas
Luas
L tiap kelas interval
1
2
3
4
5
19,5
29,5
39,5
49,5
59,5
69,5
-1,70
-0,95
-0,20
0,55
1,30
2,05
0,4554
0,3289
0,0793
0,2088
0,4032
0,4798
0,1265
0,2496
0,2881
0,1944
0,076
3,795
7,488
8,643
5,832
2,280
7
6
7
7
3
= 30

·         Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (  hitung)
=  +
 = 2,70 + 0,29 + 0,31 +  0,23 + 0,22
= 3,75

·         Langkah 10 : Membandingkan  hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = K – 2 – 1
                         = 6 – 2 – 1
                         = 3
Maka didapat  tabel = 7,81
Tenyata  hitung  tabel
                      3,75
 7,81
Maka data berdistribusi NORMAL



v  Uji Normalitas Data Kontrol Postest
·         Langkah 1 : Skor terbesar = 90
 Skor terkecil = 65
·         Langkah 2 : rentang = 90  65 = 25
·         Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
      = 1 + 3,3 log 30
    = 1 + 3,3 . 1,48
      = 1 + 4,884
      = 5,884
                   BK 5
·         Langkah 4 : P =  =  = 5
P 6
·         Langkah 5
No
Kelas Interval
1
2
3
4
5
65 70
71 76
77 82
83 88
89 94
6
9
8
5
2
67,5
73,5
79,5
85,5
91,5
4556,25
5402,25
6320,25
7310,25
8372,25
405
661,5
636
427,5
183
27337,5
48620,25
50562
36551,25
16744,5
Jumlah
30
-
-
2313
179815,5

·         Langkah 6 :  =   =
 = 77,1
·         Langkah 7 :  S =  =
       =
       =
       =
    S = 7,15

·         Langkah 8
a.       Menentukan batas kelas
No
Batas Kelas
1
2
3
4
5
64,5 – 70,5
70,5 – 76,5
76,5 – 82,5
82,5 – 88,5
88,5 – 94,5
Sehingga diperoleh nilai 64,5; 70,5; 76,5;  82,5; 88,5; 94,5

b.      Mencari nilai  Z :  Z =
Z1 =                          Z4 =
    = - 1,76L = 0,4608                           = 0,75 L=0,2734

Z2 =                          Z5 =
      = -0,92 L = 0,3212                          = 1,59 L = 0,4441

Z3 =                          Z6 =
      = -0,08 L = 0,0319                          = 2,43 L = 0,4925

c.       Mencari luas 0 – z = 0,4608; 0,3212; 0,0319; 0,2734; 0,4441; 0,4925
d.      Mencari luas tiap kelas interval
0,4608 – 0,3212 = 0,1396
0,3212 – 0,0319 = 0,2893
0,0319+ 0,2734 = 0,3053
0,4441 – 0,2734 = 0,1707
0,4925 – 0,4441 = 0,0484
e.       Mencari frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1396
 30 = 4,188
0,2893 30 = 8,679
0,3053 30 = 9,159
0,1707 30 = 5,121
0,0484 30 = 1,452

No
Batas Kelas
Luas
L tiap kelas interval
1
2
3
4
5
64,5
70,5
76,5
82,5
88,5
94,5
-1,76
-0,92
-0,08
0,75
1,59
2,43
0,4608
0,3212
0,0319
0,2734
0,4441
0,4925
0,1396
0,2893
0,3053
0,1707
0,0484
-           
4,188
8,679
9,159
5,121
1,452
-           
6
9
8
5
2
= 30

·         Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (  hitung)
=  +
 = 0,78 + 0,01 + 0,14 +  0,002 + 0,20
= 1,132

·         Langkah 10 : Membandingkan  hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = K – 2 – 1
                         = 6 – 2 – 1
                         = 3
Maka didapat  tabel = 7,81
Tenyata  hitung  tabel
                      1,132
 7,81
Maka data berdistribusi NORMAL

v  Uji Normalitas Data Pretest Kontrol
·         Langkah 1 : Skor terbesar = 65
  Skor terkecil = 15
·         Langkah 2 : rentang = 65 15 = 50
·         Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
      = 1 + 3,3 log 30
    = 1 + 3,3 . 1,48
      = 1 + 4,884
      = 5,884
                   BK 5
·         Langkah 4 : P =  =  = 10
P 11
·         Langkah 5
No
Kelas Interval
1
2
3
4
5
15  25
26 36
37 47
48 58
59 69
5
8
3
8
6
20
31
42
53
64
400
961
1764
2809
4096
100
248
126
424
384
2000
7688
5292
22472
24588
Jumlah
30
-
-
1282
62040

·         Langkah 6 :  =   =
 = 42,73
·         Langkah 7 :  S =  =
       =
       =
       =
    S = 15,81

·         Langkah 8
a.       Menentukan batas kelas
No
Batas Kelas
1
2
3
4
5
14,5 – 25,5
25,5 – 36,5
36,5 – 47,5
47,5 – 58,5
58,5 – 69,5
Sehingga diperoleh nilai 14,5; 25,5; 36,5;  47,5; 58,5; 69,5

b.      Mencari nilai  Z :  Z =
Z1 =                                     Z4 =
    = - 1,78L = 0,4625                           = 0,30 L= 0,1179

Z2 =                                     Z5 =
      = -0,08 L = 0,3599                          = 0,99  L = 0,3389

Z3 =                                     Z6 =
      = -0,39 L = 0,1517                          = 1,69 L = 0,4545

c.       Mencari luas 0 – z = 0,4625; 0,3599; 0,1517; 0,1179; 0,3389; 0,4545
d.      Mencari luas tiap kelas interval
0,4625 – 0,3599 = 0,1026
0,3599– 0,1517 = 0,2082
0,1517+ 0,1179 = 0,2696
0,3389 – 0,1179 = 0,2210
0,4545 – 0,3389 = 0,1156
e.       Mencari frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1026
 30 = 3,078
0,2082 30 = 6,246
0,2696 30 = 8,088
0,2210 30 = 6,630
0,1156 30 = 3,468

No
Batas Kelas
Luas
L tiap kelas interval
1
2
3
4
5
14,5
25,5
36,5
47,5
58,5
69,5
-1,78
-0,08
-0,39
0,30
0,99
1,69
0,4625
0,3599
0,1517
0,1179
0,3389
0,4545
0,1026
0,2082
0,2696
0,2210
0,1156
-           
3,078
6,246
8,088
6,630
3,468
-           
5
8
3
8
6
= 30

·         Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (  hitung)
=  +
 = 1,200 + 0,492 + 3,200+  0,283 + 1,848
= 7,023

·         Langkah 10 : Membandingkan  hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = K – 2 – 1
                         = 6 – 2 – 1
                         = 3
Maka didapat  tabel = 7,81
Tenyata  hitung  tabel
                      7,023
 7,81
Maka data berdistribusi NORMAL

v  Uji Normalitas Data Postest Eksperimen
·         Langkah 1 : Skor terbesar = 98
  Skor terkecil = 60
·         Langkah 2 : rentang = 98 60 = 38
·         Langkah 3 : BK = 1 + 3,3 log n
      = 1 + 3,3 log 30
    = 1 + 3,3 . 1,48
      = 1 + 4,884
      = 5,884
                   BK 5
·         Langkah 4 : P =  =  = 7,6
P 8
·         Langkah 5
No
Kelas Interval
1
2
3
4
5
60 67
68 75
76 83
84 91
92 99
6
8
7
5
4
63,5
71,5
79,5
87,5
95,5
4032,25
5112,25
6320,25
7656,25
9120,25
381
572
556,5
437,5
382
24193,5
40898
44241,75
38281,25
36481
Jumlah
30
-
-
2329
184095,5

·         Langkah 6 :  =   =
 = 77,63
·         Langkah 7 :  S =  =
       =
       =
       =
    S = 10,64

·         Langkah 8
a.       Menentukan batas kelas
No
Batas Kelas
1
2
3
4
5
59,5 – 67,5
67,5 – 75,5
75,5 – 83,5
83,5 – 91,5
91,5 – 99,5
Sehingga diperoleh nilai 59,5; 67,5; 75,5;  83,5; 91,5; 99,5

b.      Mencari nilai  Z :  Z =
Z1 =                                     Z4 =
    = - 1,70L = 0,4554                           = 0,55 L= 0,2088

Z2 =                                     Z5 =
      = -0,95 L = 0,3289                          = 1,30 L = 0,4032

Z3 =                                     Z6 =
      = -0,20 L = 0,0793                          = 2,05 L = 0,4798

c.       Mencari luas 0 – z = 0,4554; 0,3289; 0,0793; 0,2088; 0,4032; 0,4798
d.      Mencari luas tiap kelas interval
0,4554 – 0,3289 = 0,1265
0,3289– 0,0793 = 0,2496
0,0793+ 0,2088 = 0,2881
0,4032 – 0,2088 = 0,1944
0,4798 – 0,4032 = 0,076
e.       Mencari frekuensi yang diharapkan (Ei)
0,1265
 30 = 3,795
0,2496 30 = 7,488
0,2881 30 = 8,643
0,1944 30 = 5,832
0,076   30 = 2,280

No
Batas Kelas
Luas
L tiap kelas interval
1
2
3
4
5
59,5
67,5
75,5
83,5
91,5
99,5
-1,70
-0,95
-0,20
0,55
1,30
2,05
0,4554
0,3289
0,0793
0,2088
0,4032
0,4798
0,1265
0,2496
0,2881
0,1944
0,076
-           
3,795
7,488
8,643
5,832
2,280
-           
6
8
7
5
4
= 30

·         Langkah 9 : Matencari chi-kuadrat (  hitung)
=  +
 = 1,28 + 0,03 + 0,31 +  0,11 + 1,29
= 3,02

·         Langkah 10 : Membandingkan  hitung dengan tabel untuk L = 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = K – 2 – 1
                         = 6 – 2 – 1
                         = 3
Maka didapat  tabel = 7,81
Tenyata  hitung  tabel
                      3,02
 7,81
Maka data berdistribusi NORMAL







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkenalan Diri

Sosok yang dirindukan

Jujur